TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

LAUNCHING PANGGUNG DEMOKRASI KAUKUS MUDA INDONESIA (KMI)

Jatim Aktual, Jakarta – Dalam acara Launching Panggung Demokrasi Kaukus Muda Indonesia hadir tokoh-tokoh politik nasional, pada Jumat (10/11/2022) di Kantor Kaukus Muda Indonesia (KMI) Jl. Salemba Tengah, Jakarta Pusat

Acara ini sebagai forum diskusi mingguan yang secara khusus untuk mendiskusikan seputar isu-isu politik kekinian (Pilpres, Pileg, dan Pilkada).

Diantaranya Tokoh-Tokoh Nasional yang hadir:

1. Syafrudin Budiman SIP Politiis Muda / Ketua Umum Partai UKM Indonesia sebagai Moderator

2. Viva Yoga Mauladi Juru Bicara PAN

3. Mardni Ali Sera Juru Bicara PKS

4. Herzaki Mahendra Putra Juru Bicara Partai Demokrat

BACA JUGA:  Pengurus 15 Kabupaten/Kota Relawan GUNTUR Se Lampung, Nyatakan Sikap Dukung Ganjar Pranowo

5. Pangi Syarwi Chaniago Pengamat Politik/Vox Vol Indonesia

Acara ini dilaksanakan organisasi pergerakan KMI yang dikomandani Edi Homaidi selaku Ketua Umum.

Memasuki tahun politik 2023, tensi politik nasional kian memanas. Pasalnya, partai politik sebagai pilar utama demokrasi mulai gerilya melakukan manuver politik dan serangkaian politik citra. Itu sebabnya, safari politik terus dilakukan oleh partai untuk menjajaki koalisi dan kerjasama. Setidaknya pertemuan (silaturrahmi) antar elit partai dapat menyamakan ide, gagasan, platform, dan kepentingan. Oleh karena, dalam rangka mengawal demokrasi melalui mikanisme seleksi kepemimpinan nasional (Pilpres, Pileg, dan Pilkada) itu, Kaukus Muda Indonesia (KMI) akan meluncurkan Panggung Demokrasi sebagai forum diskusi mingguan yang secara khusus mendiskusikan seputar isu-isu politik kekinian (Pilpres, Pileg, dan Pilkada).

BACA JUGA:  Puji Keindahan Danau Tiga Warna, LaNyalla: Kelimutu Destinasi Kelas Dunia

Panggung Demokrasi seyogyanya adalah wadah untuk bertukar fikiran, ide, dan gagasan di antara tokoh-tokoh politik, aktivis, pengamat, wartawan, pegiat pemilu dan demokrasi. Selain sebagai tempat bertukar fikiran, ide, dan gagasan, Panggung Demokrasi secara khusus akan konsentrasi mendiskusikan isu-isu seputar politik, demokrasi, dan pemilu jelang hajatan Pilpres 2024.

Dengan demikian, kegiatan Panggung Demokrasi akan menghadirkan pembicara yang beragam dari pelbagai latar belakang seperti aktivis partai, pengamat, maupun pegiat pemilu dan demokrasi. Setiap satu minggu secara rutin akan digelar diskusi di forum Panggung Demokrasi. Demikian juga terkait tema atau isu-isu yang diangkat tentu sangat beragam tetapi konsentrasinya tentu adalah seputar pemilu 2024.

BACA JUGA:  Pertanyakan Dana Hibah Jasmas Ratusan Miliar Pimpinan DPRD Jatim, Permas Jatim Akan Kembali Aksi Desak KPK Untuk Bongkar

Oleh karena itu, melalui forum diskusi di Panggung Demokrasi itu, setidaknya akan menghadirkan pelbagai perspektif baru untuk dijadikan masukan terhadap negara. Pun ini sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab moral KMI untuk terus mengawal transisi demokrasi dan proses penyelenggaraan pemilu yang berkualitas sehingga menghasilkan output (pemimpin) yang berkualitas seseuai espektasi publik. (red)