Mahasiswa Universitas Indonesia, Melakukan Penyuluhan Bahaya Merokok

Jatim Aktual, Jakarta – Mahasiswa Magister Ilmu Kesejahteraan Sosial (Kesos) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Indonesia, melakukan kegiatan penyuluhan tentang bahayanya merokok di UPDT (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Kasra Cileungsi Kabupaten Bogor, Rabu, 25/05/2022.

Materi penyuluhan disampaikan oleh Muhammad Ajie dan Fetty Familda, perwakilan dari kelompok mahasiswa Kesos Universitas Indonesia. Ajie memaparkan zat-zat berbahaya yang terdapat dalam rokok dan asap rokok, proses menyebabkan ketergantungan, akibat rokok bagi perokok aktif dan pasif serta efek lainnya yang berdampak pada kesehatan.

BACA JUGA:  Innalillah, Pj Kades Torjunan Meninggal Dunia Diduga Menjadi Korban Tabrak Lari

Media penyuluhan yang digunakan adalah slide presentasi dengan menampilkan gambar-gambar dan video yang berhubungan dengan rokok.

Para peserta cukup antusias, menyambut, dan menyimak dengan baik kegiatan penyuluhan ini. Selain itu juga diberikan lembaran post-test atau pertanyaan kepada beberapa peserta secara acak, seperti penyakit apa yang akan disebabkan oleh perokok, berapa banyak kandungan bahan kimia pada satu batang rokok.

BACA JUGA:  Pupuk Subsidi Hanya untuk 9 Komoditas Utama, LaNyalla Minta Tak Ada Lagi Penyelewengan

Kanzul Fikri salah satu perwakilan mahasiswa penyuluhan menyampaikan, kami berharap peserta yang sudah mengikuti penyuluhan tentang bahaya merokok dapat mengaplikasikan ilmunya yang telah diterima dan menyampaikannya kepada teman, keluarga, dan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:  HMI Pamulang Lakukan Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM di Depan Gedung DPRD Tangsel

Sebagai informasi, kegiatan penyuluhan bahaya merokok, ini merupakan tugas mata kuliah Strategi dan Teknik Pengembangan Masyarakat, Program Studi Magister Kesos Universitas Indonesia tahun 2021 – 2022.