TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Buntut Kemarahan Prosiden Jokowi Soal Keluhan Pelayanan Imigrasi, Formasa Demo Kemenkumham Minta Copot Sekjen Andap Budhi Revianto

Jatim Aktual, Jakarta – Sejumlah pemuda mengatasnamakan Forum Mahasiswa Nusantara (FORMASA) melakukan aksi demonstrasi depan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (13/10/2022).

Mereka mendesak Andap Budhi Revianto dicopot sebagai Sekretaris Jendral Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Menurut koordinator aksi, Mohammad Nurul Haq, aksi tersebut sebagai tindak lanjut dari kemarahan Presiden Jokowi terkait buruknya pelayanan Imigrasi.

Nurul, sapaan akrabnya, menyebut bahwa banyaknya keluhan pelayanan Imigrasi bukan hanya kesalahan dari Dirjen Imigrasi yang dijabat oleh Plt namun karena kelalaian dari Sekjen Kemenkumham yang membiarkan hal itu terjadi.

BACA JUGA:  Pengurus Forum Pesantren Alumni Gontor Resmi Dilantik

“Sudah setahun Dirjen Imigrasi dijabat oleh Plt yang rangkap jabatan sehingga sangat berdampak terhadap pelayanan yang buruk. Tentu dalam hal ini yang patut dipertanyakan adalah kinerja dari Sekjen Kemenkumham yang lalai  membiarkan kekosongan Dirjen Imigrasi yang definitif,” kata Nurul usai aksi.

Atas dasas itu, Nurul mempertanyakan kinerja Sekjen Kemenkumham.

BACA JUGA:  Ketum IKMS Jakarta Ancam Demo KPK Minta Dirut PT SMS Dan Semua Yang Terlibat Penyelewengan Kerja Sama Pengangkutan Batu Bara Ditersangkakan

“Padahal dalam hal ini, tugas pengangkatan dari Dirjen Imigrasi tersebut juga bagian dari tugas Sekjen yang ikut tanda tangan dalam SK pengangkatan Dirjen di lingkungan Kemenkumham,” lanjutnya.

Nurul memastikan akan terus melakukan aksi demonstrasi selama Sekjen Kemenkumham belum dicopot.

“Kami tidak akan pernah lelah untuk menyampaikan aspirasi. Tuntutan kami jelas meminta Andap dicopot,” ucapnya.

“Pejabat digaji dengan fantastis yang dibayar dari pajak rakyat jadi kalau tidak becus bekerja harus diganti dengan orang profesional, berintegritas dan bekerja memberikan pelayanan terbaik untuk rakyat,” jelasnya.

BACA JUGA:  Ketua DPD RI: Pemerintah Harus Antisipasi Ancaman Krisis Pangan Dengan Langkah Kongkret

Selain itu, Nurul meminta proses lelang jabatan Dirjen Imigrasi harus transparan dan yang terpilih bisa menyelesaikan semua persoalan yang terjadi di Imigrasi.

“Proses lelang jabatan Dirjen Imigrasi harus transparan dan bebas dari KKN sehingga yang terpilih memang mampu menyelesaikan banyak masalah di imigrasi terutama soal buruknya pelayanan dan banyaknya Pungli yang merugikan masyarakat,” tutup Nurul.